Tips membeli taft bekas
Daihtsu
taft adalah mobil jenis jeep yang didesain untuk mobil offroad dan jalan raya.
Dilihat dari kiprahnya, taft memulai awal karirnya ditahun 70an. Mobil ini
membidik pada pertambagan dan perkebunan tapi taft juga memenuhi performa yang
baik untuk melaju dijalan raya. Taft memiliki 2 desain desain keluaran pertama
berbentukkecil dengan muka lampu bulat yang hampir sama dengan mobil jeep jeep
lain pada masanya dan mesinnya masih menggunakan tipe mesin bensin kemudian
memasuki tahun 75-85an taft mengubah mesin dengan tipe mesin diesel ,
yang biasa disebut dengan taft kebo. Pada tahun 85an taft menganti desain
dimana desain ini langgeng dipakai sampai akhir karirnya, setelah tidak
berproduksi Daihatsu mengeluarkan tipe feroza yang kembali menggunakan mesin
bensin, namun kurang diminati para offroader.
Jadi sekarang tidak ada produksi taft lagi!!
Mengingat banyaknya peminat mobil ini, penulis akan memberi tips membeli taft bekas, apa dan bagaimana
cara melihat kondisinya, berikut tips pengecekan yang perlu dilakukan :
·
Chasis
1. Periksa
kondisi chasis dari keropos, cek lekukan chasis kanan kiri dibawah kemudi
karena daerah itu merupakan titik rawannya, untuk tipe hiline periksa juga
bagian chasis belakang yaitu palangan pipa pipa chasis. Gosok dengan tangan
untuk memastikan tidak ada bekas las dibagian tersebut, teliti secara akurat
kadang kadang disamarkan dengan cat atau flinkote.
2. Periksa
chasis sebelah kanan, tepatnya dibawah tempat accu, pastikan tidak ada kropos
bekas air accu yang tumpah.
3.
Periksa
semua sambungan palang palang chasis.
·
Body
1.
Lihatlah
secara visual dari jarak jauh, apakah bodinya melenkung atau bungkuk, amati
secara jeli, memang tak segampang tipe taft long (hiline), untuk tipe taft
pendek hal ini sulit untuk dianalisa.jika memang bodi melengkung bisa
dipastikan chasis pernah patah karena keropos, lihatlah pada bagian chasis seperti
keterangan ulasan chasis point 1. Hal ini menjadikan mobil mempunyai cacat
permanen, jika anda memperbaikinya akan membutuhkan biaya yang besar.
2. Periksa
titik keropos taft bagian bawah, seperti di slebor slebor roda, buka karpet
lantai pengemudi dan kursi sebelah kiri, juga periksa lantai belakang slebor
slebor roda. Periksa bagian talang atap dan kisi kisi bagian komponen wiper,
karena bagian ini letak aliran air hujan.
3.
Untuk
tipe taft hiline maupaun gtl periksa bagian tiang engsel pintu tengah, pastikan
tidak ada cat retak. Karena keretakan itu pertanda tiang pintu sudah patah oleh
keropos.
4.
Untuk
tipe taft rocky periksa sambungan bodi mobildengan bodi atap fibernya
5.
Periksa
kemulusan bodi, mungkin terdapat cat mlembung atau lapisan dempul yang tebal,
terutama kap mesin dan atap mobil, karena daerah ini rawan ngelupas karena
panas jika pelapisan dempulnya terlalu tebal.
6. Periksa
engsel engsel pintu , terutama pada pintu belakang yang terbebani roda.
·
Kemudi
1.
Periksa
space kemudi dengan mengoyang goyangkan setir. Jika space terlalu besar lihat
secara urut pergerakan pada seal sambungan tierod, bila seal seal telah aus
tergolong masih ringan perbaikannya, namun jika kerusakan kemudi terdapat pada
ball joint, ini akan memungkinkan anda untuk merogoh kocek yang agak banyak.
2. Periksa
komponen power teering, cek apakah ada kebocoran oli power, pastikan kondisi
seal seal dalam keadaan baik.
3.
Hidupkan
mesin, periksa kelangsaman pergerakan kemudi, kondisi yang optimal jika
pergerakan setir tanpa tersendal sandal.
4.
Ketika
anda coba menjalankan taft, rasakan hentakan
kemudi ketika melewati jalan yang bergelombang. Jika taft menggunakan
ban besar hentakan ini akan lebih terasa tapi hal ini masih dalam kondisi
normal menurut penulis. Kondisi ini bisa diredam dengan memberi shockabsorber
kemudi.
·
Suspense (kaki kaki)
1.
Lihat
secara visual ketegakan taft, apakah terlihat miring sebelah. Pemeriksaan bisa
dilihat dari lekukan per springnya.
2.
Rasakan
daya redamnya saat kondisi jalan, hal ini untuk memastikan kondisi shock
absorber masih normal, memang agak sedikit sulit untuk menganalisa jika anda pemula menjadi taft
mania, terlebih jika dulunya pengguna sedan.
3.
Jika
anda jadi membeli, cek kekerasan baut baut suspensinya, terutama baut U
·
Mesin
1.
Periksa
bagian bawah mesin, mungkin ada kebocoran pelumas bagian packing mesin inti,
gearbox, gardan dan perseneling (transmisi).
2.
Pegang
pipa pengerak roda (join),gerakan
memutar bolak balik, jika ada space teruskan pemeriksaan ke bagian kres joinnya
(berbentuk +) yang menghubungkan transmisi ke garden belakang dan garden depan.
3.
Hidupkan
mesin, injak pedal gas dan lihat gas buangnya, jika terlalu hitam pekat anda harus
siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.
4.
Dalam
kondisi mesin hidupbuka tutup oli pastikan tidak ada asap putih yang keluar,
teruskan dengan melihat bagian mesin pastikan juga semburan angin bawah mesin yang keluar tidak terdapat asap putih. Gejala
pada mesin diesel ini pertanda ausnya ring piston
5.
Setelah
menghidupkan beberapa menit buka tutup
radiatornya, tutup dengan telapak tangan untuk memastikan tidak ada uap air
yang keluar, untuk memastikan cylinder cope tidak retak. Pemeriksaan jangan
dilakukan setelah mobil berjalan (berbahaya)
6. Periksa
kelangsaman perseneling tranmisidan perseneling 4wd untuk memastikan kondisi
kampas kopling dan matahari (dekrup) dalam keadaan optimal.
7. Cobalah
untuk menjalankannya, rasakan percepatan dan kelangsaman saat pergantian
perseneling. Perhatikan stationer mesin setelah berhennti menjalankannya, jika
stationer bertambah tinggi anda harus siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.
·
Kelistrikan
1.
Periksa
kondisi tombol tombol lampu, sein dan klakson.
2. Periksa
kondisi panel panel kecepatan, rpm, bahan bakar dan temperature mesin.
3.
Periksa
kondisi lampu swith glow (lampu injeksi), level oli, drain, 4 wd dan accu
4.
Periksa
kondisi suhu AC
5.
Periksa
kondisi accu kendaraan
Tips
tips inilah yang harus dicek jika anda mau membeli taft bekas, untuk tahapan
acesoris dan interior anda bisa analisa sendiri tentang kualitasnya. Mungkin
aja ketidak cocokan mengenai 2 hal tersebut bisa menurunkan harga penawarannya
he.. he.. he..!! dari serangkaian poin analisa diatas,membeli taft bekas pasti
ada nilai cacatnya. Yang jelas anda bisa kalkulasi dari kerusakan yang nantinya
akan menjadi beban perbaikan setelah membeli. Jika kita menelisik ulang
sparepart taft ini sangat murah dibandingkan dengan mobil mobil jeep
sekelasnya, namun dengan tips membeli taft bekas ini, kita bisa mengubah kata “murah”
menjadi poin yang “lebih murah” lagi, lumayankan toh….??? OK, akhir kata
selamat berburu mobil taft, semoga sukses untuk taftmania.
4 Comments:
Terimakasih banyak Gan advisenya semoga rezeki dan ilmunya semakin bertambah dan berkah,Amin
olong pencerahannya para suhu , saya tergolong new bi..
saya kaget ketika mengendarai mobil taft, tiba tiba lampu indikator glownya nyala trus indikator tempraturnya langsung naik, tp seketika itu juga ketika lampu indikator glownya mati turun lg tempraturnya, padahal water pum sama radiatornya normal ga ada masalah, itu kenapa ya......mohon pencerahannya..terimakasih...wasalam...
tq
Boleh minta bantuan jasanya ktika hendak pantau pak?
Post a Comment
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home