Tips membeli taft bekas



 


Daihtsu taft adalah mobil jenis jeep yang didesain untuk mobil offroad dan jalan raya. Dilihat dari kiprahnya, taft memulai awal karirnya ditahun 70an. Mobil ini membidik pada pertambagan dan perkebunan tapi taft juga memenuhi performa yang baik untuk melaju dijalan raya. Taft memiliki 2 desain desain keluaran pertama berbentukkecil dengan muka lampu bulat yang hampir sama dengan mobil jeep jeep lain pada masanya dan mesinnya masih menggunakan tipe mesin bensin kemudian memasuki  tahun 75-85an taft  mengubah mesin dengan tipe mesin diesel , yang biasa disebut dengan taft kebo. Pada tahun 85an taft menganti desain dimana desain ini langgeng dipakai sampai akhir karirnya, setelah tidak berproduksi Daihatsu mengeluarkan tipe feroza yang kembali menggunakan mesin bensin, namun kurang diminati para offroader.
 Jadi sekarang tidak ada produksi taft lagi!! Mengingat banyaknya peminat mobil ini, penulis akan memberi  tips membeli taft bekas, apa dan bagaimana cara melihat kondisinya, berikut tips pengecekan yang perlu dilakukan :

·         Chasis
 
1.  Periksa kondisi chasis dari keropos, cek lekukan chasis kanan kiri dibawah kemudi karena daerah itu merupakan titik rawannya, untuk tipe hiline periksa juga bagian chasis belakang yaitu palangan pipa pipa chasis. Gosok dengan tangan untuk memastikan tidak ada bekas las dibagian tersebut, teliti secara akurat kadang kadang disamarkan dengan cat atau flinkote.
2.   Periksa chasis sebelah kanan, tepatnya dibawah tempat accu, pastikan tidak ada kropos bekas air accu yang tumpah.
3.    Periksa semua sambungan palang palang chasis.


·         Body

1.    Lihatlah secara visual dari jarak jauh, apakah bodinya melenkung atau bungkuk, amati secara jeli, memang tak segampang tipe taft long (hiline), untuk tipe taft pendek hal ini sulit untuk dianalisa.jika memang bodi melengkung bisa dipastikan chasis pernah patah karena keropos, lihatlah pada bagian chasis seperti keterangan ulasan  chasis point  1. Hal ini menjadikan mobil mempunyai cacat permanen, jika anda memperbaikinya akan membutuhkan biaya yang besar.
2.   Periksa titik keropos taft bagian bawah, seperti di slebor slebor roda, buka karpet lantai pengemudi dan kursi sebelah kiri, juga periksa lantai belakang slebor slebor roda. Periksa bagian talang atap dan kisi kisi bagian komponen wiper, karena bagian ini letak aliran air hujan.
3.  Untuk tipe taft hiline maupaun gtl periksa bagian tiang engsel pintu tengah, pastikan tidak ada cat retak. Karena keretakan itu pertanda tiang pintu sudah patah oleh keropos.
4.    Untuk tipe taft rocky periksa sambungan bodi mobildengan bodi atap fibernya
5.    Periksa kemulusan bodi, mungkin terdapat cat mlembung atau lapisan dempul yang tebal, terutama kap mesin dan atap mobil, karena daerah ini rawan ngelupas karena panas jika pelapisan dempulnya terlalu tebal.
6.  Periksa engsel engsel pintu , terutama pada pintu belakang yang terbebani roda.   
 
·         Kemudi

1.    Periksa space kemudi dengan mengoyang goyangkan setir. Jika space terlalu besar lihat secara urut pergerakan pada seal sambungan tierod, bila seal seal telah aus tergolong masih ringan perbaikannya, namun jika kerusakan kemudi terdapat pada ball joint, ini akan memungkinkan anda untuk merogoh kocek yang agak banyak.
2.   Periksa komponen power teering, cek apakah ada kebocoran oli power, pastikan kondisi seal seal dalam keadaan baik.
3.    Hidupkan mesin, periksa kelangsaman pergerakan kemudi, kondisi yang optimal jika pergerakan setir tanpa  tersendal sandal.
4.    Ketika anda coba menjalankan taft, rasakan hentakan  kemudi ketika melewati jalan yang bergelombang. Jika taft menggunakan ban besar hentakan ini akan lebih terasa tapi hal ini masih dalam kondisi normal menurut penulis. Kondisi ini bisa diredam dengan memberi shockabsorber kemudi.

·         Suspense (kaki kaki)

     
1.    Lihat secara visual ketegakan taft, apakah terlihat miring sebelah. Pemeriksaan bisa dilihat dari lekukan per springnya.
2.    Rasakan daya redamnya saat kondisi jalan, hal ini untuk memastikan kondisi shock absorber masih normal, memang agak sedikit sulit untuk  menganalisa jika anda pemula menjadi taft mania, terlebih jika dulunya pengguna sedan.
3.    Jika anda jadi membeli, cek kekerasan baut baut suspensinya, terutama  baut U

·         Mesin

1.    Periksa bagian bawah mesin, mungkin ada kebocoran pelumas bagian packing mesin inti, gearbox, gardan dan perseneling (transmisi).
2.    Pegang pipa pengerak roda  (join),gerakan memutar bolak balik, jika ada space teruskan pemeriksaan ke bagian kres joinnya (berbentuk +) yang menghubungkan transmisi ke garden belakang dan garden depan.
3.    Hidupkan mesin, injak pedal gas dan lihat gas buangnya, jika terlalu hitam pekat anda harus siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.
4.    Dalam kondisi mesin hidupbuka tutup oli pastikan tidak ada asap putih yang keluar, teruskan dengan melihat bagian mesin pastikan juga semburan angin bawah mesin  yang keluar tidak terdapat asap putih. Gejala pada mesin diesel ini pertanda ausnya ring piston
5.    Setelah menghidupkan beberapa menit  buka tutup radiatornya, tutup dengan telapak tangan untuk memastikan tidak ada uap air yang keluar, untuk memastikan cylinder cope tidak retak. Pemeriksaan jangan dilakukan setelah mobil berjalan (berbahaya)
6. Periksa kelangsaman perseneling tranmisidan perseneling 4wd untuk memastikan kondisi kampas kopling dan matahari (dekrup) dalam keadaan optimal.
7. Cobalah untuk menjalankannya, rasakan percepatan dan kelangsaman saat pergantian perseneling. Perhatikan stationer mesin setelah berhennti menjalankannya, jika stationer bertambah tinggi anda harus siap untuk mengkalibrasi boschpumpnya.

·         Kelistrikan

1.    Periksa kondisi tombol tombol lampu, sein dan klakson.
2. Periksa kondisi panel panel kecepatan, rpm, bahan bakar dan temperature mesin.
3.    Periksa kondisi lampu swith glow (lampu injeksi), level oli, drain, 4 wd dan accu
4.    Periksa kondisi suhu AC
5.    Periksa kondisi accu kendaraan


Tips tips inilah yang harus dicek jika anda mau membeli taft bekas, untuk tahapan acesoris dan interior anda bisa analisa sendiri tentang kualitasnya. Mungkin aja ketidak cocokan mengenai 2 hal tersebut bisa menurunkan harga penawarannya he.. he.. he..!! dari serangkaian poin analisa diatas,membeli taft bekas pasti ada nilai cacatnya. Yang jelas anda bisa kalkulasi dari kerusakan yang nantinya akan menjadi beban perbaikan setelah membeli. Jika kita menelisik ulang sparepart taft ini sangat murah dibandingkan dengan mobil mobil jeep sekelasnya, namun dengan tips membeli taft bekas ini, kita bisa mengubah kata “murah” menjadi poin yang “lebih murah” lagi, lumayankan toh….??? OK, akhir kata selamat berburu mobil taft, semoga sukses untuk taftmania.

4 Comments:

At May 2, 2016 at 12:36 AM , Blogger Unknown said...

Terimakasih banyak Gan advisenya semoga rezeki dan ilmunya semakin bertambah dan berkah,Amin

 
At June 22, 2016 at 6:40 AM , Blogger Rafik said...

olong pencerahannya para suhu , saya tergolong new bi..
saya kaget ketika mengendarai mobil taft, tiba tiba lampu indikator glownya nyala trus indikator tempraturnya langsung naik, tp seketika itu juga ketika lampu indikator glownya mati turun lg tempraturnya, padahal water pum sama radiatornya normal ga ada masalah, itu kenapa ya......mohon pencerahannya..terimakasih...wasalam...

 
At September 21, 2016 at 10:05 PM , Blogger Anton Nurholis said...

tq

 
At June 16, 2019 at 6:00 PM , Blogger Zainul said...

Boleh minta bantuan jasanya ktika hendak pantau pak?

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home