membuat rem taft pakem

Rem mempunyai peranan yang penting untuk keselamatan, maka komponen ini harus selalu dalam keadaan kinerja yang optimal, kestandartan yang paten dan pengecekan secara berkala. Bagi pecinta mobil taft yang dibahas penulis kali ini, dimana mobil ini selalu diperankan dalam model offroad sehingga biasanya tipe ban yang dipake selalu yang besar walaupun pemakaiannya cenderung kejalan raya beraspal. perlu diingat juga bagi taft mania selain tampilan yang garang dari ban besar pasti akan mempunyai efek kepengeremannya, benarkan??? terutama kepakeman rem dikarenakan bobot dari ban itu sendiri. jarak pengereman dari ban besar akan lebih jauh dan seakan akan terasa mobil masih terdorong saat kita injak pedal rem meskipun itu dalam kecepatan yang rendah sekalipun. Jika pecinta offroad anda pasti sudah merasakannya!! penulis akan membagi pengalaman bagaimana cara membuat rem taft pakem dengan penggunaan ban besar, silahkan lihat cara sederhana ini.

Sistem pengereman taft sudah dikatakan modern untuk sekelasnya yaitu menggunakan teknologi rem booster, gimana sistemnya?? untuk sedikit pencerahan lihat gambar dibawah ini.
rem sistem booster
sistem rem booster


Sistem kerja ini simple, dimana ketika pengemudi mengijak kaki rem, piston dalam tandem akan mendorong minyak yang diteruskan ke komponen rem di roda, untuk memperingan gaya dari kaki booster dilenkapi dengan hose vacum sebagai penghampaan ruang booster untuk  pembanding hasil tenaga dorong ketandem dari gaya kecil pijakan pedal rem pengemudi. nah,, jika sudah tahu sistemnya, sekarang kita oprek komponennya.
Kita bisa memperbesar  gaya dorong piston dengan menambah tekanan pada hose vacum yaitu dengan menambahkan tabung untuk memperbesar tekanan hisapnya, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.

diagram oprekan hose vacum
setting rem pakem

sederhanakan?? Anda akan mendapatkan tenaga rem yang lebih kontan hanya dari perbandingan volume hisapnya pada komponen hose vacum tersebut. tempatkan tabung tambahan dalm posisi yang aman, tidak terganggu dengan panasnya mesin hindari selang hose vacum menempel pada mesin.
Jika oprekan tersebut tidak memberikan hasil yang maksimal, silakan cek komponen tabung rem yang belakang dulu, pastikan pipa minyak rem tidak bocor atau ada rembesan. Memang pemakaian ban besar pasti juga berimbas pada cepat ausnya bearing roda, sehingga seal bearingnya akan bocor bila bearing goyang / kocak. disitu akan terjadi kebocoran pelumas gardan ketabung rem dan akan licin saat rem bekerja. Bersihkan tabung dan kampas rem dengan memanaskan dengan api permukaannya agar sisa pelumas terbakar semuanya, mengingat pelumas gardan mempunyai viskositas yang tinggi. pastikan juga anda mengecek bagian rem depan, cek ketebalan kampas cakram dan masternya harus dapat bekerja secara optimal. Master akan macet jika seal sealnya kotor ato ganti sealnya bila memang sudah uzur.

Teknologi ini sebetulnya sudah banyak diterapkan pada truk medium (colt diesel) yang kesehariannya bermuatan berat, difungsikan untuk dapat memperbesar daya pengeremannya. penulis mengadopsinya ke mobil taft dan hasilnya sudah terbukti lebih pakem, semoga tips ini dapat membantu taft mania untuk tetap nyaman dan aman dalam modif ban besar namun tetap mempunyai rem yang pakem, silakan oprek taft anda, dan silakan lihat hasil oprekan dari mobil penulis. terima kasih

hasil oprekan rem
sambungan dari booster


hasil oprekan rem
sambungan kehose vacum dinamo amper
tabung vacum rem
hasil oprekan tabung vacum
  

4 Comments:

At May 22, 2013 at 1:42 AM , Blogger indra amin said...

tabung hampanya dari mana mas ? beli or bikin sndiri ?

 
At July 29, 2013 at 7:19 PM , Blogger Kakaknya Ovely said...

ada nggak sparepart tabung ready (siap di pasar), jenis apa?

 
At October 12, 2013 at 6:14 PM , Blogger TAFTMANIA said...

tabung nya pake tabung klakson gan...!!!! kalo ane dulu beli dikudus,,,,pas kebetulan lewat, mudah and murah

 
At December 11, 2013 at 3:30 PM , OpenID yamatoikwan said...

Apakah cara ini bukankah hanya akan memperingan injakan pedal rem, tapi kekuatan pengereman tetap sama tidak berubah?

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home