Mengenali gejala kerusakan kaki kaki taft


Kaki kaki mobil berperan dalam kestabilan laju kendaraan dengan kecepatan tinggi. Seiring dengan waktu pemakaian yang lama, sesuatu yang aus pasti sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Keausan yang terjadi sebelum masanya merupakan indikasi perawatan yang kurang. Itulah kenapa penulis membahas kepada semua taft mania baik kalangan mahit atau taft mania pemula seperti saya. Betapa sangat pentingnya kepekaan terhadap kondisi kendaraan para taft mania semua. Berikut tips untuk mengenali gejala kerusakan kaki kaki taft.
 
  •  Amati kelurusan gandar as taft anda. 
Analisa terhadap kelurusan gandar as bisa dilakukan dengan melihat dari jarakkira kira 10 meter. Lkukan dari pandangan depan dulu, sesudah itu dari pandangan belakang. Lihatlah kelurusan ban depan dan  ban belakang, gunakan body sebagaigaris patokan, lebih jelasnya lihat gambar berikut

cek kelurusan gandar


Dengan analisa visual dari kedua sisi tersebut anda akan bisa menarik kesimpulan tentang bagaimana kondisi taft anda, perbaiki bila perlu.







  • cek kemiringan body
cek kemiringan body taft
Pengecekan ini dapat dilakukan secara visual dari pandangan agak jauh kurang lebih 10 meter. amati ketegakkan body kendaraan, jika miring sebelah anda perlumengecek suspensinya, kondisi spring (per daun) pasti ketinggian lengkungnya berkurang dan tidak menutup kemungkinan dianalisa juga pada komponen lain yang berhubungan.
  • space kemudi yang besar
space kemudi besar
tentu taftmania sudah pernah melihat masalah ini, disamping ketidak nyamanan hal ini dapat mengganggu kestabilan laju kendaraan, silakan cek komponen kemudi dari power steering, tie rod ball joint dan koleganya, resiko penggunaan ban besar akan mengakibatkan beban kemudi bertambah, kemungkinan sebagian besar keausan terdapat pada komponen berbahan karet seperti seal seal. Para taftmania yang menggunakan ban ban besar harus sering sering mengecek komponen ini.
  • mobil ada tekanan belok
saat mobil melaju kita dapat melakukan pengujian untuk masalah ini. cobalah melepaskan tangan dan bebaskan kemudi, jika taft tidak normal, laju kendaraan akan condong kesalah satu arah, ketidak nyamanan ini akan mengakibatkan kendali extra pada pengemudi, lakukan pengecekan pada ketegakan roda, seal seal dan bearing, setelah kondisi ok semua lakukan spooring dan balancing.
 
  • ban bergoyang kencang saat melaju
gejala ini timbul bilamana taft melaju dengan kencang melewati lubang jalan atau jalan yang bergelombang yang menimbulkan goncangan keras, tiba tiba ban terasa ikut bergoyang keras terus menerus sampai terasa pada kemudi. namun ketika kecepatan dikurangi laju taft beranjak normal lagi. gejala ini pernah penulis alami dan setelah dilakukan pengecekan, dan ternyata ada dua bagian yang bermasalah yaitu suspensi dan komponen kemudi. pada suspensi  masalah terdapat pada baut U, kekencangan mur baut U kendor semua. Pada komponen kemudi seal seal karet di tierod dan sekitarnya sudah aus semua. 

6 Comments:

At April 28, 2015 at 12:49 PM , Blogger Rijalul Fathani said...

Mantap Om, Trims Informasinya

 
At May 14, 2015 at 11:04 AM , Blogger dieAltenSchuen said...

Untuk masalah yang nomor satu, sarannya seperti apa Om? Karena taft sy mengalami kondisi yg sama persis ..Thx

 
At May 3, 2016 at 8:28 AM , Blogger Unknown said...

Trims infonya om...sangat bermanfaat khususnya buat saya sebagai pemula..bravo Taft Mania

 
At August 8, 2016 at 11:16 PM , Blogger Unknown said...

Om mau tanya sy punya Taft th 90...klo stir sy belokin mentok ke kanan paas putar blik .knapa ada bunyi2... Bledug2..terimakasih

 
At December 18, 2017 at 8:29 PM , Blogger Unknown said...

Baut u itu yg mna ya

 
At December 4, 2018 at 8:18 PM , Blogger Unknown said...

Om roda depan bergoyang saat melaju 70/km apa solusinya..

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home